Senin, 03 Maret 2014

Pertemuan 2


BISNIS ONLINE (TOKOBAGUS.com)
 
1.    ANALISIS LATAR BELAKANG / SEJARAH BISNIS
Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Arnold yang kala itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs e-commerce di Amerika, amazon.com. Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.
Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya hijrah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali.


 
2.    METODE PENGEMBANGAN BISNIS ON-LINE
Dalam kampanyenya toko bagus memposisikan dirinya sebagai  situs jual beli online gratis, maupun berbayar terbesar di Indonesia.  gratis dalam artian dimana setiap orang bebas mendaftar dan memasang produk mereka baik itu barang maupun jasa secara gratis dan untuk yang berbayar akan memiliki beberapa fasilitas khusus yang ditawarkan oleh pihak toko bagus secara oline, dan produk anda akan tampil selama 24 jam sehari. Toko Bagus juga melakukan promosi media melalui TV lokal, Radio bahkan hingga baliho, toko bagus juga rajing memasang adword dan banner berbayar lainnya dinternet, itu dimaksudkan untuk lebih mendekatkan lagi dengan para konsumennya.
Toko Bagus juga menyediakan pelayanan berupa live support, yang akan selalu siap menjawab segala pertanyaan yang berkenaan dengan penggunaan situs tokobagus.com dan pertanyaan non teknis lain. Toko Bagus juga sangat baik dalam SEO, sehingga merupakan sarana yang tepat untuk mempromosikan produk/jasa.  Setiap penjual di Toko Bagus memiliki toko sendiri, dengan subdomain namatoko.tokobagus.com, dan bisa memilih sendiri logo dan thema, nama toko, dan bebas mencantumkan deskripsi mengenai tokonya masing-masing.
Untuk memudahkan pembeli dan penjual bertemu, Toko bagus membaginya dalam berbagai kategori antara lain : kategori Alat-alat Musik, Anak-anak dan Bayi, Buku, Elektronik Konsumen, Fashion Pria, Fashion Wanita, Film, Fotografi, Games & Consoles, Handicrafts, Handphone, Handphone Aksesoris, Hewan Piaraan & Aksesoris, HP dan Telekom, Jam dan Perhiasan, Jasa, Kategori Lain Lain, Kesehatan dan Kecantikan, Koleksi, Konstruksi dan Taman, Liburan dan Bepergian, Lowongan Kerja, Makanan dan Minuman, Mobil, Mobil aksesoris, Mobil onderdil, Motor dan Sekuter, Musik, Olahraga Air dan Perahu, Olahraga dan Kesehatan, Peluang Usaha, Perangkat Keras Komputer, Perangkat Lunak Komputer, Perlengkapan Rumah, Properti, Seni dan Antik, Sepeda dan Aksesoris, Serba Serbi, Telekom TV dan Audio Video.

3.    PERKEMBANGAN BISNIS SAMPAI SAAT INI
Sampai dengan saat ini toko bagus terus mengalami pertumbuhan dengan pesat, dan berkomitmen untuk terus menerus memperbaiki kualitas pelayanan, demi meningkatkan kepuasan member/pengguna.


4.    ANALISA DESAIN WEB, PENGUNJUNG, CONTECT
•    Fitur
Pada Oktober 2011, Tokobagus mengembangkan situsnya dengan perubahan minor pada desain dengan penambahan-penambahan fitur baru, diantaranya adalah:
•    Extrafield
Penambahan extrafield didetail iklan kategori property dan otomotif. Kedepannya akan ditambahkan juga ke kategori-kategori lain, seperti fashion, gadget dll.
•    Iklan Member
Penambahan widget Iklan Lain dari member di detail iklan
•    Sortir Iklan
Re-design fitur Sorting pada list iklan berdasarkan waktu pemasangan, judul dan harga.
•    Search Faceting
Penambahan widget filterisasi hasil pencarian berdasarkan lokasi, harga, tipe iklan dll, sehingga user akan lebih mudah dalam mencari barang yang diinginkan.
•    Search Suggestion
Fitur yang memberikan saran keyword populer yang kemungkinan dimaksud oleh user saat menginput keyword di form search.
•    Keyword Suggestion
Saat hasil pencarian tidak ditemukan, keyword pencarian terkait akan diberikan kepada user.
•    Pop-Up Images
Menampilkan pop up mages yang lebih besar di list iklan saat mouse berada di thumbnail.
•    Widget
Peningkatan pada navigasi situs yang menampilkan iklan-iklan yang didapat dari hasil pencarian tanpa perlu kembali ke jendela sebelumnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar